Blog Archive

Monday, 24 October 2016

Cetak Karu NISN Dengan Excel Dilengkapi Pas Photo

Setiap sekolah jenjang SD/SMP/SMA dan SMK peserta didik harus memiliki kartu Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) yang merupakan suatu indetitas pribadi sebagai seorang pelajar, karena NISN merupakan Penomeran yang di berikan secara otomatis oleh Diknas Pendidikan secara manual atau pun secara online yang di terbitkan langung oleh pihak pusat data dan statistik pendidikan (PDSP). Pada tahun 2014 untuk penomeran NISN tiap sekolah terutama sekolah dasar yang merupakan awal mendapatkan NISN pada saat duduk di sekolah dasar dan yang nantinya kan trus di gunakan sampai jenjang sekolah SMA/SMK dengan Nomor NISN yang sama.

Penerbitan NISN itu sendiri pada tahun 2014 diberikan kemudahan oleh pemeritah melalui PDSP yang bersingkronisai dengan aplikasi dapodik, artinya disini setiap sekolah dasar yang sudah memiliki aplikasi dapodik dan melakukan singkron (pengiriman data) keserver pusat pendataan, maka secara otomatis data tiap sekolah akan masuk secara otomatis dan masuk ke verval nisn.

Nah itu carita singkat tentang penerbitan NISN peserta didik untuk sekolah dasar, yang mana nisn tersebut akan dapat langsung di tarik dari server PDSP dengan melakukan singkron oleh operator sekolah. Dan mengingat pentingnya kartu Nisn bagi peserta didik untuk sekolah dasar dan sekolah menengah. Maka tiap siswa yang akan lulus harus di buatkan kartu NISN agar mereka (Peserta didik) merupakan siswa ( pelajar) dari sekolah Induk yang tertera di dalam kartu Nisn tersebut.

Ada banyak cara untuk membuat kartu NISN peserta didik, dan semua itu tergantuk kebijakan kepala sekolah dalam menerbitkan kartu nisn yang sesuai dengan bentuk dan kebutuhan kartu NISN tersebut. Untuk pembuatan kartu NISN itu sendiri sebenarnya bisa di lakuka melakui Opertor Dapodik Pusat kabupaten/kota untuk membuat kartu NISN. 

Dan ada juga sekolah/madrasah yang membuat sendiri melalui pihak ketiga yaitu percertakan, dan ada juga yang mencetak mandiri sendiri yang memahami komputer dan mendesain bentuk kartu NISN. 

Dan kami hari ini, sebenarnya ingin memberikan satu file yang sangat bermanfaat bagi kepala sekolah, operator sekolah dalam mencetak kartu NISN peserta didik yaitu menggunakan Microsoft excel. Dari microsoft excel ini untuk mencertak kartu nisn ini sudah sesuai dengan aplikasi dapodik yang terbaru yakni dapodik 2016, dan tampilannyapun sudah menesuaikan dengan diknas pendidikan kabupaten/kota dari pemeritah.

Jadi, bagi kepala sekolah, operator sekolah yang akan mecetak kartu NISN tahun ini untuk kelas bawah sampai kelas tinggi atau hanya kelas tinggi saja dengan aplikasi microsoft excel ini sangat sederhana untuk mencetak kartu NISN siswa.

Adapun untuk cara menggunakan aplikasi microsoft excel ini, di dalamnya sudah ada petunjuk untuk menggunakannya. Jadi tunggu apa lagi bagi sekolah/madrasah yang belum mencetak atau belum memiliki aplikasi cetak kartu NISN dengan Excel dilengkapi pas photo dapat di download pada kesempatan ini.

Dibawah ini merupakan gambar dari certak kartu NISN.


Selanjutnya, bagi yang ingin mendownload, kami persilahkan, karena kami sudah menyediakan link untuk mendownloadnya berikut linknya.
Cownload Cetak Karu NISN Dengan Excel Dilengkapi Pas Photo

Nah itulah salah satu cara untuk mencetak kartu NISN peserta didik dengan excel yang sudah di lengkapi pas photo yang dapat menyesuaikan dengan segala kebutuhan sekolah/madrasah. Dan semoga dengan adanya postingan tentang Cetak Karu NISN Dengan Excel Dilengkapi Pas Photo
dapat memberikan kemudahan bagi kepala sekolah, oprator sekolah dalam memcetak kartu NISN peserta didik.

No comments:
Write comments

© 2017 Galeri Guru. Designed by Bloggertheme9 | Distributed By Gooyaabi Templates
Powered by Blogger.