Materi IPA Tentang Alat Pencernaan Makanan Serta Gangguannya

Materi IPA Tentang Alat Pencernaan Makanan Serta Gangguannya

Materi IPA Tentang Alat Pencernaan Makanan Serta Gangguannya - Sebelum makanan yang kita makan dapat dimanfaatkan oleh tubu, makanan harus dicerna terlebih dahulu. Makanan yang sudah dicerna telah diubah menjadi sari makanan dalam bentuk yang lebih halus sehingga mudah diserap oleh pembuluh darah. Kemudian oleh darah, sari makanan tersebut diedarkan ke seluruh bagian tubuh.

Materi IPA Tentang Alat Pencernaan Makanan Serta Gangguannya

Ada 2 jenis proses perncernaan makanan dalam tubuh manusia,yaitu pencernaan makanan secara mekanis dan pencernaan makanan secara kimia.
  • Pencernaan makanan secara mekanis - Pencernaan makanan secara mekanis terjadi di dalam mulut.Makanan di lumat kan oleh gigi. Makanan yang telah hancur mudah untuk ditelan.
  • Pencernaan makanan secara kimia - Pencernaan makanan secara kimia diakukan oleh enzim. Hal itu terjadi di dalam     mulut, lambung dan usus.Tujuan pencernaan dengan bantuan enzim adalah mengubah zat-zat makanan sehingga mudah diserap oleh tubuh. Proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus dinamakan pencernaan. Tugas alat pencernaan makanan kita adalah:
  1. Menghancurkan makanan menjadi bnetuk yang lebih halus
  2. menyerap zat-zat makanan yang larut sehingga masuk ke dalam darah
  3. mengeluarkan dari tubuh zat-zat yang tidak dapat dicerna.
Susunan Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia:
Alat pencernaan makanan pada tubuh kita tersusun dari mulut,kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus,usus besar dan anus. Alat pencernaan makanan kita pelajari satu per satu sebagai berikut :

A. Rongga mulut
Di daalm rongga mulut terdapat gigi,lidah dan air ludah atau air liur.Gigi berguna untuk mengunyah makanan supaya menjadi lebih halus.Sesuai denagn fungsinya ada 3 macam gigi,yaitu gigi seri,gigi taring dan gigi geraham.
  1. Gigi seri berfungsi memotong makanan,bentuk permukaannya menyerupai mata kapak.
  2. Gigi Taring berfungsi merobek atau mengoyak makanan,bentuk permukaannya runcing
  3. Gigi Geraham berfungsi menggilas makanan ,bentuk permukaanya lebar dan bergelombang.
Lidah berfungsi untuk mengatur letak makanan pada waktu mengunyah,membantu menellan makanan dan mengecap rasa makanan.Bagian ujung lidah mengecap rasa manis,bagian pinggir lidah depan mengecap rasa asin,bagian pinggir lidah belakang mengecap rasa asam,dan bagian pangkal lidah mengecap rasa pahit.

B. Kerongkongan
Kerongkongan adalah bagian saluran pencernaan yang menguhubungkan rongga mulut denagn lambung.Kerongkongan menyerupai tabung yang panjangnya sekitar 20 cm,mulai dari faring(anak tekak) sampai lambung.Di dalam kerongkongan terjadi gerak peristaltik,yaitu gerakan meremas-remas makanan yang dilakukan oleh dinding kerongkongan.Dengan adanya gerak perestaltik ini mengakibatkan makanan terdorong masuk kelambung.

C. Lambung
Lambung disebut juga perut besar.Lambung terletak di dalam rongga perut sebelah kiri atas.Di dalam lambung makanan yang sudah di kuyah gigi dalam mulut,dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-macam getah lambung.Getah lambung dihasilkan oleh dinding lambung.Getah lambung berguna untuk memecah makanan agar mudah diserap oleh pembukuh darah,dan membunuh kuman yang terbawa oleh makanan.
Getah la,bung mengandung asam dan enzim sebagai berikut;
  1. Enzim pepsin mengubah protein menjadi pepton
  2. Enzim Renin mengendapkan protein susu manjadi kasein
  3. Asam klorida berguna membunuh kuman dan mengasamkan makanan
D. Usus dua belas jari
Panjang usus 12 jari sama denagn ukuran panjang dua belas jari tangan orang dewasa.Oleh karena itu disebut usus dua belas jari.Makanan di dalam usus dua belas jari dicerna lagi dengan bantuan getah pankreas dan getah empedu.Getah pankreas dihasilakn oleh kelenjar pankreas.Getah empedu dihasilkan oleh hati.

Getah pankreas mengandung enzim-enzim sebagai berikut:
  1. Enzim amilasi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula
  2. Enzim Tripsin mengubah protein menjadi asam amino
  3. Enzim Lipase mengubah lemak menjadi asam lemak
E. Usus Halus
Usus halus merupakan usus yang paling panjang dalam sistem pencernaan pada manusia.Makanan yang telah dicerna secara sempurna disebut sari makanan.
F. Usus Besar
Usus besar bersambungan dengan usus halus di rongga perut bagian bawah sebelah kanan.Usus besar terdiri dari usus besar naik,usus besar lintang,dan usus besar turun.Permulaan usus besar disebut dengan usus buntu.Di dalam usus besar sudah tdak terjadi penyerapan sari-sari makanan ,melainkan hanay penyerapan air.Di sini terdapat bakteri pembusukan yang berguna bagi tubuh karena membusukan sisa makanan menjadi kotoran.Akhirnya kotoran ini keluar dari tubuh melalui anus.

Penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia di antaranya dalah sebagai berikut ini:
  1. Diare
Diare disebut juga dengan istilah mencret.Di golongkan ppenyakit ringan,tetapai menjadi berbahaya jika tidak mendapatkan perawatan yang benar.Diare terjadi jika penderita mengalami buang air besar yang encer dan terjadi lebih dari 4 klai dalam sehari.Penyakit ini menyerang anak-anak terutama yang kekurangan gizi.

     2. Mag
Mag adalah penyakit yang menggangu lambung lambung dan usus 12 jari.Gejala yang timbul antara laian sebagai berikut:
- Perut terasa perih dan mulas bila terlambat makan
- Saat makan pun perut terasa sakit,kadang terasa mual bahkan muntah,penyakit ini disebabkan karena adanya produksi asam klorida yang berlebihan di lambung.

     3. Radang Usus Buntu
Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kotoran di usus buntu,yaitu dibagian umbai cacing.Akibatnay umbai cacing  menyempit disertai infeksi oleh kuman.Hal ini menyebabkan umbai cacing meradang.
Gejala yang ditimbulkan dari usus buntu adalah:
  • Perut pada bagian kanan bawah terasa sangat nyeri 
  • Perut terasa mual disertai muntah,kadang mencret 
  • Tubuh mengalami demam
      4. Tipus
Tipus adalah suatu penyakit peradangan pada usus.Penyakit ini dapat menular dengan cepat.Tipus juga timbul akibat kebersihan makanan dan minuman tidak terjada dengan benar.Gejala yang dialami penderita adalah sebagai berikut:
  • Tubuh Menggigil ,lemah dan disertai mual 
  • Akibat demam tinggi,penderita dapat menggigau 
  • Punggung terasasakit,kadang disertai mencret dan sembelit
    Demikian materi tentang Susunan alat pencernaan makanan dan ganggunan alat pencernaan pada manusia.Semoga bia dijadiakn sebagai bahan pembelajarana di kelas.


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Materi IPA Tentang Alat Pencernaan Makanan Serta Gangguannya"

    Posting Komentar